PEMBERIAN BIBIT TANAMAN PRODUKTIF GUNA MENDUKUNG PROGRAM KAMPUNG IKLIM DESA LEMBAH KECAMATAN BABADAN

ProKlim (Program Kampung iklim) adalah Program Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk meningkatkan ketahanan iklim, menurunkan emisi atau meningkatkan serapan gas rumah kaca (GRK) serta memberi pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah. Penerapan ProKlim sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas didorong untuk dapat dikembangkan dengan mempertimbangkan risiko yang dihadapi masyarakat di masa depan dengan terjadinya perubahan iklim. Pemahaman mengenai tingkat kerentanan, potensi dampak dan proyeksi iklim dengan bertambahnya suhu permukaan bumi perlu dibangun, sehingga masyarakat mampu memilih jenis aksi adaptasi dan mitigasi yang diperlukan untuk meningkatkan ketahanan dalam menghadapi perubahan iklim.

Desa Lembah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo merupakan Desa usulan Proklim tahun 2023, tepatnya di Dukuh Jajar yang terdiri dari 10 Rt. Komponen kegiatan ProKlim terdiri dari Adaptasi, Mitigasi dan Kelembagaan dan dukungan berkelanjutan.

Komponen Kegiatan ProKlim:

1.   Adaptasi

Upaya adaptasi merupakan upaya masyarakat dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim yang tidak dapat dielakkan. Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Lembah dalam upaya Adaptasi Perubahan iklim antara lain pertanian terintegrasi ramah lingkungan.

 

2.   Mitigasi

Upaya mitigasi merupakan kegiatan pencegahan penyebab perubahan iklim sekaligus mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca ke atmosfer. Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Lembah dalam upaya mitigasi perubahan iklim anatara lain penghijauan lingkungan, penanaman refugi dan pengolahan pupuk organik.


3.   Kelembagaan dan Dukungan Keberlanjutan

Pelaksanaan ProKlim mengedepankan aspek keberlanjutan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak. Masyarakat didorong untuk terlibat dalam setiap tahap pengambilan keputusan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan kegiatan pada lokasi kampung iklim. Kelembagaan yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Proklim di Desa Lembah Kecamatan Babadan yaitu KWT Harapan dengan lembaga pendukung Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) dan Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Desa Lembah. 

Pemberian bibit tanaman produktif Desa Lembah Kecamatan Babadan merupakan salah satu upaya mitigasi dalam perubahan iklim. Bibit yang diberikan yaitu tanaman Alpukat sejumlah 100 batang. Upaya mitigasi merupakan kegiatan pencegahan penyebab perubahan iklim sekaligus mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca ke atmosfer. Penanaman bibit tanaman produktif diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan serapan karbon dan/atau penyimpanan atau penguatan cadangan karbon. 

 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDY BANDING KE PEMEGANG IZIN PEMANFAATAN HUTAN PERHUTANAN SOSIAL (IPHS) WONO LESTARI DESA WONOHARJO KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI

UPAYA PENGUATAN DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI HUTAN DI KTH NGGAYUH LESTARI