Penyerahan Bantuan Alat Ekonomi Produktif di KTH Budi Luhur Lestari Desa Wates Kec. Jenangan

 


Kelompok tani Hutan (KTH) adalah kumpulan petani warga negara Indonesia yang mengelola usaha di bidang kehutanan di dalam dan di luar kawasan Hutan. Dalam pengelolaan hutan perlu peran dari semua unsur yang salah satunya adalah Kelompk Tani Hutan. Untuk mewujudkan Kelompok Tani Hutan yang baik, perlu dilakukan kegiatan penguatan dan pendampingan kelembagaan kelompok , sehingga Kelompok Tani Hutan mempunyai kelembagaan yang baik.

Salah satu bentuk pendampingan yang dapat dilakukan yaitu pemberian bantuan alat ekonomi produktif. Hal ini dimaksudkan agar Kelompok Tani Hutan dapat mengembangkan usaha sehingga dapat menunjang kelola usaha Kelompok Tani Hutan.

Kopi jenis Basirsa yang merupakan kopi khas Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produk olahan yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Kopi basirsa merupakan salah satu jenis kopi yang telah di kembangkan oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Budi Luhur Lestari Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo dengan jumlah anggota 23 orang. Penggiat kopi ini adalah Tommy Burhan salah satu dari anggota KTH sekaligus sebagai Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.

KTH Budi Luhur Lestari mempunyai usaha berupa pengolahan biji kopi menjadi bubuk kopi siap konsumsi. Sementara ini produksinya sekitar 20 kg/bulan dengan harga Rp 80.000/kg dengan penjulan masih di lingkup Kecamatan Jenangan. Pada Bulan April ini, KTH Budi Luhur Lestari telah mendapatkan bantuan alat ekonomi produktif dari CDK Wilayah Pacitan berupa coffe grinder yang bersumber dari dana APBD Tahun 2024. Dengan adanya bantuan ini harapannya KTH Budi Luhur Lestari mampu mengembangkan usaha yang selama ini telah berjalan sehingga Kelompok Tani Hutan Budi Luhur Lestari memiliki aset dan kas kelompok yang memadai sehingga dapat memberikan kontribusi balik ke anggota yang tercermin dari kesejahteraan anggota KTH yang semakin meningkat.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDY BANDING KE PEMEGANG IZIN PEMANFAATAN HUTAN PERHUTANAN SOSIAL (IPHS) WONO LESTARI DESA WONOHARJO KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI

PEMANFAATAN JASA LINGKUNGAN WANA WISATA RADEN SEKAR PARK DI DESA KRADINAN KECAMATAN DOLOPO MADIUN