Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Bang Pesona Tahap I di Kelompok Masyarakat Ngudi Berkah Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo

 


Pada hari Kamis, 29 Agustus 2024 telah diaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan Bang PeSoNa Tahap I di Kelompok Masyarakat Ngudi Mulyo di Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Tim monitoring dan evaluasi yang bertugas yaitu Tim dari BPSKL Yogyakarta serta didampingi oleh petugas lapagan kegiatan Bang PeSoNa dari CDK Wilayah Pacitan Wilker Ponorogo.

        Program Perhutanan Sosial merupakan sebuah inisiatif pemerintah yang menjadi Program Prioritas Nasional, terus menjadi fokus utama dalam upaya pemanfaatan hutan lestari demi kesejahteraan masyarakat. Jaminan hak dan akses tanah melalui Perhutanan Sosial menjadi landasan  bagi program ini untuk menyelesaikan permasalahan penguasaan lahan melalui legalisasi akses kelola hutan oleh masyarakat.

Salah satu kegiatan untuk mendukung pengembangan Perhutanan Sosial yaitu Program Perhutanan Sosial Nasional (Bang PeSoNa). Melalui Bang PeSoNa, pemerintah bermaksud untuk memberikan stimulant kepada penerima bantuan dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha peserta program Perhutanan Sosial dalam rangka berkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Total bantuan dari Bang PeSoNa yaitu sebesar 50 juta rupiah dengan dua tahapan pencairan. Pada Tahap I, kelompok mendapatkan pencairan dana sebesar 30 juta rupiah dengan rincian 20 juta untuk dibelanjakan ternak dan 10 juta untuk pembayaran uang muka bibit yang jumlah dan jenisnya sesuai dengan RUKK.  Kelompok Masyarakat Ngudi Makmur telah membelanjakan ternak sebanyak 12 ekor dengan rincian 2 ekor kambing betina dan 10 ekor kambing jantan. Semuanya telah terdistribusikan kepada anggota kelompok dengan kondisi ternak sehat hingga kegiatan monitoring dan evaluasi Tahap I kemarin dilakukan. Besar harapannya bantuan Bang PeSoNa ini dapat berkembang sehingga tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kemampuan usaha peserta program Perhutanan Sosial dalam rangka berkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDY BANDING KE PEMEGANG IZIN PEMANFAATAN HUTAN PERHUTANAN SOSIAL (IPHS) WONO LESTARI DESA WONOHARJO KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI

UPAYA PENGUATAN DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI HUTAN DI KTH NGGAYUH LESTARI

PEMBERIAN BIBIT TANAMAN PRODUKTIF GUNA MENDUKUNG PROGRAM KAMPUNG IKLIM DESA LEMBAH KECAMATAN BABADAN